Berikut Investigasi Penyebab Terkini Kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182

 


Detikcoy.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi atas insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di sekitar perairan Kepulauan Seribu. Sepanjang ini sudah terdapat 4 langkah investigasi yang dilakukan KNKT.

Presiden Jokowi Dodo sebelumnya sudah meminta KNKT untuk segera melakukan penyelidikan terhadap jatuhnya pesawat. Jokowi pun memerintahkan agar pencarian yang dilakukan secara maksimal untuk korban kecelakaan pesawat rute Jakarta-Pontianak itu.

"Dan saya juga telah menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian penyelidikan terhadap musibah ini," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/1).

Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan usaha yang terbaik dalam proses evakuasi. Beliau juga mengajak masyarakat untuk berdoa atas musibah jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 itu.

"Kita lakukan upaya yang terbaik untuk menemukan serta menyelamatkan korban dan kita doakan bersama, kita berdoa secara bersama-sama agar para korban bisa ditemukan," jelasnya.


Baca Juga : Pihak Sriwijaya Air Wajib Bayar Ganti Rugi Rp 1,25 M ke Seluruh Korban Pesawat Jatuh


Berikut 4 langkah investigasi yang dilakukan KNKT:

KNKT kumpulkan rekaman-transkrip percakapan pilot SJ182

KNKT mengirimkan tim untuk melakukan apa penyebab jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Dua tim sudah dikirim untuk mengumpulkan data percakapan pilot.

"Tim juga sudah mengirim dua orang untuk melakukan pengumpulan data di perum LPPNPI atau AirNav Indonesia kemudian sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara," ujar Ketua Sub Komite IK penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo, dalam keterangannya, Minggu (10/1/2021).

Disamping itupun, KNKT juga menerjunkan tim ke koordinat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Tiga investigator dikerahkan sejak pagi.

"Pagi tadi berangkat dari Tanjung Priok menggunakan kapal Baruna Jaya 4, serta tadi sore pindah ke KRI Rigel, kemudian bergabung dengan bersama tim untuk melakukan proses pencarian. Sampai saat ini belum ada perkembangan mengenai hasil, tapi kegiatannya masih terus berlangsung sampai saat ini,"

KNKT sudah dapatkan data mentah radar pergerakan pesawat

NKT sudah mendapatkan data mentah dan radar pergerakan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

"Tim juga sudah mendapatkan data mentah dari data radar pergerakan pesawat Sriwijaya Air selanjutnya akan kita kaji lebih lanjut. Berikutnya tim juga sudah melakukan wawancara dengan petugas lalu lintas udara yang kemarin bertugas mengendalikan penerbangan yang mengalami kecelakaan," Nurcahyo Utomo.

KNKT menerima sejumlah komponen pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Komponen pesawat yang sudah mulai melakukan diidentifikasi mulai dari ekor pesawat hingga peluncur darurat.

"Kemudian tim KNKT juga ada yang di JICT hari ini sudah menerima dari Basarnas beberapa komponen, dan ada beberapa yang sudah diidentifikasi yaitu berupa beberapa instrumen pesawat ada GPWS, dan radio altimeter kemudian juga alat peluncur darurat ini akan kita identifikasi dari pintu sebelah mana karena di pesawat itu ada 4," ujar Nurcahyo.

"Lalu bagian pesawat yang sudah bisa diidentifikasi, umumnya dari bagian ekor sebelah bawah. Tetapi kita belum bisa menentukan apakah itu sebelah kiri sebelah kanan," sambung Nurcahyo.

Baca : Sanksi Jika Sriwijaya Tidak Ganti Rugi 1,25M ke Seluruh Korban Pesawat SJ 182


KNKT ungkap tawaran bantuan dari Singapura-AS terkait Sriwijaya Air

KNKT mengaku jika pihaknya mendapat tawaran kerja sama investigasi dari otoritas Singapura dan Amerika dalam penyelidikan.

"Kemudian KNKT juga sudah menerima tawaran dari transportation safety investigation Bureau (TSIB) Singapore dimana mereka akan ikut membantu melakukan pencarian black box," ucap Nurcahyo Utomo.

"KNKT juga sudah melakukan koordinasi dengan otoritas Amerika yaitu NTSB dan sudah ditunjuk Michael Holfs yang akan menjadi accreditate representatif di investigasi kecelakaan pesawat ini," lanjut Nurcahyo.


Baca Juga : 

BREAKING NEWS! Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Berhasil DItemukan

Penemuan Black Box Sriwijaya Air SJ182 Selanjutnya di Serahkan ke JICT

Istri dan Tiga Anaknya Menjadi Korban Pesawat Sriwijaya SJ 182, Pria ini Teriak Histeris

Nikita Mirzani : "Pasti Lagi Besar Kepala Tuh Mbak You" , Tanggapannya Soal Ramalan Mbak You Tentang Pesawat Jatuh

Jumlah Terkini Kantong Jenazah dan Puing Pesawat Sriwijaya SJ182 Yang Diterima Basarnas

Rajin Ibadah, Kisah Pilu Kapten Afwan Pilot Sriwijaya SJ 182 Yang Jatuh

Akurat ! Ramalan Mbak You Setelah Pesawat Jatuh Bikin Kaget Netizen



Sumber : Detik.com

IregWay.com
IregWay.com IregWay.com - Indonesian Research Gateway adalah website yang menyajikan beragam informasi terbaru, yang mencakup pendidikan, Bisnis dan Seputar Blogging