Tanggapan Roy Suryo Mengenai Suara Orang Minta Tolong Korban Sriwijaya SJ 182

 


Detikcoy - Pakar Telematika Roy Suryo menanggapi sebuah video viral di media sosial Tiktok.


Di video itu, sang pengunggah @abdulazis171 mengatakan bahwa adanya teriakan minta tolong saat evakuasi pesawat Sriwijaya SJ 182. 


Beberapa di antaranya juga menduga suara itu berasal dari jeritan korban kecelakaan Sriwijaya  SJ182 yang berhasil selamat.


Video tiktok berdurasi 18 detik tersebut sudah ditonton hampir 11 juta kali dan mendapat komentar dari puluhan ribu pengguna Tiktok.


"Detik-detik penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas," kata pengunggah @abdulazis171.



Roy Suryo menanggapi video viral tersebut bahwa suara dalam video yang diklaim merupakan teriakan minta tolong tersebut masuk ke dalam kasus 'noise' atau gangguan.


Hal itu terjadi saat mic atau speaker terkena angin kuat, sehingga terbentuk atau menghasilkan suara tersebut.



"Tweeps, viral Video durasi 18 detik dari Akun Tiktok @abdulazis171 yang disebut-sebut suara Teriakan Korban2 SJ-182 (?).


"Kasus 'noise' begini sering terjadi pada saat mic terkena angin yang kuat, apalagi cuman HP. Makanya mic profesional selalu dilengkapi muffler atau silencer agar suara masuk 'klir'," tanggapan Roy Suryo.


Jika dari profil pengguna, pemilik video TikTok tersebut merupakan seorang pemadam kebakaran.



Seperti diketahui, duka mendalam tengah dirasakan para keluarga korban akibat jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air
. Sehingga menurut warganet dengan beredarnya video tersebut bisa menyakiti perasaan para keluarga.


Selain memberikan harapan kosong, video itu juga kerap dikaitk-kaitkan dengan hal yang bersifat supranatural.


Sumber : pikiran-rakyat.com

IregWay.com
IregWay.com IregWay.com - Indonesian Research Gateway adalah website yang menyajikan beragam informasi terbaru, yang mencakup pendidikan, Bisnis dan Seputar Blogging