Resep Bolu Kukus Tiramisu Checkerboard, Enak

Bolu Kukus Tiramisu Checkerboard.

Bolu Kukus Tiramisu Checkerboard

Lagi mencari ide resep bolu kukus tiramisu checkerboard yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu kukus tiramisu checkerboard yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kukus tiramisu checkerboard, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan bolu kukus tiramisu checkerboard enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan bolu kukus tiramisu checkerboard sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Bolu Kukus Tiramisu Checkerboard menggunakan 14 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bolu Kukus Tiramisu Checkerboard:

  1. Siapkan 4 butir telur ayam.
  2. Siapkan 200 gram gula pasir.
  3. Siapkan 200 gram tepung terigu.
  4. Sediakan 1 sdt sp.
  5. Siapkan 1 sdt baking powder.
  6. Siapkan 100 ml santan instan.
  7. Sediakan 100 ml minyak goreng.
  8. Sediakan 1 sachet kopi instan.
  9. Siapkan 2,5 sdm coklat bubuk.
  10. Sediakan Buttercream.
  11. Siapkan 125 gram margarin.
  12. Sediakan 100 gram gula halus.
  13. Siapkan 75 gram coklat blok, dilelehkan.
  14. Ambil 3 sdm susu cair.

Cara menyiapkan Bolu Kukus Tiramisu Checkerboard:

  1. Kita buat buttercream nya terlebih dulu ya 😅 Campur margarin dan gula halus, kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga gula larut. Tambahkan susu cair, kocok kembali dengan mixer hingga tercampur rata dan adonan buttercream berwarna putih. Masukkan coklat yg sudah dilelehkan, aduk2 menggunakan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata. Sisihkan..
  2. Selanjutnya kita buat bolu kukusnya. Campurkan tepung terigu dan baking powder, aduk2 hingga tercampur rata. Ayak. Sisihkan dulu..
  3. Kocok telur, gula dan sp dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, putih dan berjejak..
  4. Tambahkan tepung terigu yg sdh tercampur dengan baking powder. Aduk dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata. Matikan mixer..
  5. Masukkan santan instan dan minyak goreng. Aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata..
  6. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Adonan yg diberi coklat bubuk, adonan yg diberi kopi sachet dan adonan yg dibiarkan putih..
  7. Panaskan panci kukusan. Siapkan loyang bulat (uk diameter 20 cm) yang sudah dioles mentega dan diberi tepung terigu tipis2. Masukkan adonan coklat ke dalam loyang, kukus selama 15 menit. Agar tdk bergelombang, kukus dgn api sedang cenderung kecil (karena lupa ngecilin api, akhirnya cake coklat sy bergelombang 😄😅). Jangan lupa tutup dandang dengan serbet bersih, agar air tidak menetes ke atas adonan, karena. bolu akan bantat kalau adonannya kena tetesan uap air..
  8. Angkat bolu dan dinginkan. Lakukan hal yg sama untuk adonan kopi dan adonan original..
  9. Potong setiap lapisan bolu dengan ring cutter menjadi 3 bagian yg sama besar berbentuk lingkaran. Ukuran disesuaikan dengan besarnya bolu. Dan karena sy gk punya ring cutter, sy pakai lingkaran mangkok (uk diameter 15 cm) dan gelas (uk diameter 7 cm) 🙈 Beri olesan buttercream di setiap sisi bekas potongan..
  10. Susun kembali potongan bolu secara berselang seling hingga bolu berbentuk lingkaran utuh. Ini susunan bolunya COKLAT-KOPI-ORI (lapisan 1), ORI-COKLAT-KOPI (lapisan 2) dan KOPI-ORI-COKLAT (lapisan 3)..
  11. Susun setiap lapisan bolu ke atas secara berselang-seling mulai dari lapisan 1, lalu diteruskan ke lapisan 2 dan yg paling atas lapisan 3. Beri buttercream di setiap lapisannya..
  12. Hias pinggirnya dengan sisa buttercream yg ada. Beri topping suka-suka 😅 Sy pakai coklat warna warni (karena adanya hy itu 🤣🤣).

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bolu kukus tiramisu checkerboard yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

IregWay.com
IregWay.com IregWay.com - Indonesian Research Gateway adalah website yang menyajikan beragam informasi terbaru, yang mencakup pendidikan, Bisnis dan Seputar Blogging