Seorang dosen fakultas hukum sedang memberi kuliah hukum pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si ali bertanya pada dosen, " apa kepanjangan dari kuhp, pak? " Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si ahmad. " Saudara ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara ali! " Pinta beliau. Dengan tegas si ahmad menjawab, " kasih uang habis perkara, pak! " Tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si ahmad, " saudara ahmad, darimana anda tahu jawaban itu? " Dasar si ahmad, pertanyaan tersebut jawabnya pula dengan tegas, " peribahasa inggris mengatakan 'pengalaman adalah guru yang terbaik' begitu, pak! " Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian?

Seorang dosen fakultas hukum sedang memberi kuliah hukum pidana. saat tiba sesi tanya jawab si ali bertanya pada dosen, " apa kepanjangan dari kuhp, pak? " lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si ahmad. " saudara ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara ali! " pinta beliau. dengan tegas si ahmad menjawab, " kasih uang habis perkara, pak! " tegasnya. mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si ahmad, " saudara ahmad, darimana anda tahu jawaban itu? " dasar si ahmad, pertanyaan tersebut jawabnya pula dengan tegas, " peribahasa inggris mengatakan 'pengalaman adalah guru yang terbaik' begitu, pak! " seisi kelas tertawa. lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian:

  1. saqafi.
  2. para mahasiswa tertawa mendengar jawaban ahmad.
  3. saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
  4. saat ahmad memplesetkan kuhp menjadi kasih uang habis perkara.

Jawabannya adalah d. saat ahmad memplesetkan kuhp menjadi kasih uang habis perkara.

Seorang dosen fakultas hukum sedang memberi kuliah hukum pidana. saat tiba sesi tanya jawab si ali bertanya pada dosen, " apa kepanjangan dari kuhp, pak? " lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si ahmad. " saudara ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara ali! " pinta beliau. dengan tegas si ahmad menjawab, " kasih uang habis perkara, pak! " tegasnya. mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si ahmad, " saudara ahmad, darimana anda tahu jawaban itu? " dasar si ahmad, pertanyaan tersebut jawabnya pula dengan tegas, " peribahasa inggris mengatakan 'pengalaman adalah guru yang terbaik' begitu, pak! " seisi kelas tertawa. lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian saat ahmad memplesetkan kuhp menjadi kasih uang habis perkara.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. saqafi menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. para mahasiswa tertawa mendengar jawaban ahmad menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Jawaban d. saat ahmad memplesetkan kuhp menjadi kasih uang habis perkara menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah d. saat ahmad memplesetkan kuhp menjadi kasih uang habis perkara.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.