Air danau memiliki massa jenis yang lebih kecil dibandingkan dengan air laut. Ketika dua buah perahu yang berada di air danau dan air laut, maka keadaan perahu adalah?

Air danau memiliki massa jenis yang lebih kecil dibandingkan dengan air laut. ketika dua buah perahu yang berada di air danau dan air laut, maka keadaan perahu adalah:

  1. bagian awal paragraf yang menginformasikan isu atau masalah yang akan diulas.
  2. perahu yang berada di air danau akan mengapung lebih tinggi daripada perahu yang berada di air laut.
  3. perahu yang berada di air danau akan mengapung sama tinggi dengan perahu yang berada di air laut.
  4. perahu yang berada di air laut akan tenggelam karena massa jenisnya lebih besa.

Jawabannya adalah a. bagian awal paragraf yang menginformasikan isu atau masalah yang akan diulas.

Air danau memiliki massa jenis yang lebih kecil dibandingkan dengan air laut. ketika dua buah perahu yang berada di air danau dan air laut, maka keadaan perahu adalah bagian awal paragraf yang menginformasikan isu atau masalah yang akan diulas.

Pembahasan

Jawaban a. bagian awal paragraf yang menginformasikan isu atau masalah yang akan diulas menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban b. perahu yang berada di air danau akan mengapung lebih tinggi daripada perahu yang berada di air laut menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban c. perahu yang berada di air danau akan mengapung sama tinggi dengan perahu yang berada di air laut menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. perahu yang berada di air laut akan tenggelam karena massa jenisnya lebih besa menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah a. bagian awal paragraf yang menginformasikan isu atau masalah yang akan diulas.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.