Dalam perjanjian hudaibiah awalnya tertulis nama muhammad sebagai utusan allah (muhammad rasulullah). Kemudian pihak kaum kafir keberatan karena mereka tidak mengimani kerasulan nabi muhammad saw. Rasulullah pun merubah kata utusan allah (rasulullah) menjadi muhammad anaknya abdullah (muhammad ibnu abdullah). Pada kondisi saat ini, berikut ini sikap yang tidak sesuai dengan sikap rasulullah tersebut adalah?

Dalam perjanjian hudaibiah awalnya tertulis nama muhammad sebagai utusan allah (muhammad rasulullah). kemudian pihak kaum kafir keberatan karena mereka tidak mengimani kerasulan nabi muhammad saw. rasulullah pun merubah kata utusan allah (rasulullah) menjadi muhammad anaknya abdullah (muhammad ibnu abdullah). pada kondisi saat ini, berikut ini sikap yang tidak sesuai dengan sikap rasulullah tersebut adalah:

  1. rumah.
  2. mempertebal iman, memperkuat ibadah dan menjaga kerukunan.
  3. meningkatkan syiar islam dengan meremehkan simbol-simbol agama selain islam.
  4. menjalin komunikasi yang baik dengan muslim dan non muslim.

Jawabannya adalah c. meningkatkan syiar islam dengan meremehkan simbol-simbol agama selain islam.

Dalam perjanjian hudaibiah awalnya tertulis nama muhammad sebagai utusan allah (muhammad rasulullah). kemudian pihak kaum kafir keberatan karena mereka tidak mengimani kerasulan nabi muhammad saw. rasulullah pun merubah kata utusan allah (rasulullah) menjadi muhammad anaknya abdullah (muhammad ibnu abdullah). pada kondisi saat ini, berikut ini sikap yang tidak sesuai dengan sikap rasulullah tersebut adalah meningkatkan syiar islam dengan meremehkan simbol-simbol agama selain islam.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. rumah menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. mempertebal iman, memperkuat ibadah dan menjaga kerukunan menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. meningkatkan syiar islam dengan meremehkan simbol-simbol agama selain islam menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. menjalin komunikasi yang baik dengan muslim dan non muslim menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. meningkatkan syiar islam dengan meremehkan simbol-simbol agama selain islam.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.