Dengan hidup di tubuh sapi, cacing akan mendapat keuntungan berupa makanan dari sapi sedangkan sapi mengalami kerugian karena kesehatannya terganggu dan membuatnya terserang penyakit. Berdasarkan pernyataan tersebut simbiosis yang terjadi antara sapi dan cacing hati disebut simbiosis?

Dengan hidup di tubuh sapi, cacing akan mendapat keuntungan berupa makanan dari sapi sedangkan sapi mengalami kerugian karena kesehatannya terganggu dan membuatnya terserang penyakit. berdasarkan pernyataan tersebut simbiosis yang terjadi antara sapi dan cacing hati disebut simbiosis:

  1. bermain musik.
  2. animisme.
  3. mutualisme.
  4. komensalisme.

Jawabannya adalah a. bermain musik.

Dengan hidup di tubuh sapi, cacing akan mendapat keuntungan berupa makanan dari sapi sedangkan sapi mengalami kerugian karena kesehatannya terganggu dan membuatnya terserang penyakit. berdasarkan pernyataan tersebut simbiosis yang terjadi antara sapi dan cacing hati disebut simbiosis bermain musik.

Pembahasan

Jawaban a. bermain musik menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban b. animisme menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban c. mutualisme menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. komensalisme menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah a. bermain musik.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.