Di dalam mulut terjadi pencernaan mekanik, yakni proses mengunyah makanan menggunakan gigi, dan pencernaan kimiawi menggunakan enzim ptialin (amilase). Enzim ptialin berfungsi?

Di dalam mulut terjadi pencernaan mekanik, yakni proses mengunyah makanan menggunakan gigi, dan pencernaan kimiawi menggunakan enzim ptialin (amilase). enzim ptialin berfungsi:

  1. raja heraklius.
  2. mengubah makanan di dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa).
  3. mengubah makanan di dalam mulut yang mengandung gula sederhana (maltosa) menjadi zat karbohidrat (amilum).
  4. memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Jawabannya adalah b. mengubah makanan di dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa).

Di dalam mulut terjadi pencernaan mekanik, yakni proses mengunyah makanan menggunakan gigi, dan pencernaan kimiawi menggunakan enzim ptialin (amilase). enzim ptialin berfungsi mengubah makanan di dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa).

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. raja heraklius menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. mengubah makanan di dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa) menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban c. mengubah makanan di dalam mulut yang mengandung gula sederhana (maltosa) menjadi zat karbohidrat (amilum) menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah b. mengubah makanan di dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa).

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.