Hujan asam memiliki dampak yang dapat mengganggu kelangsungan hidup dalam suatu ekosistem. Selain dapat mengganggu kehidupan, hujan asam juga dapat menimbulkan kerusakan pada benda-benda bersejarah seperti patung pada candi dan museum. Berikut ini adalah salah satu contoh kerusakan yang ditimbulkan akibat terjadinya hujan asam. Pernyataan manakah yang menunjukkan penyebab terjadinya hujan asam?

Hujan asam memiliki dampak yang dapat mengganggu kelangsungan hidup dalam suatu ekosistem. selain dapat mengganggu kehidupan, hujan asam juga dapat menimbulkan kerusakan pada benda-benda bersejarah seperti patung pada candi dan museum. berikut ini adalah salah satu contoh kerusakan yang ditimbulkan akibat terjadinya hujan asam. pernyataan manakah yang menunjukkan penyebab terjadinya hujan asam:

  1. bahasa universal.
  2. hasil pembakaran dari aktivitas pabrik yang melepaskan senyawa oksida belerang ke udara.
  3. penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terkendali sehingga memunculkan efek rumah kaca.
  4. pemakaian pupuk yang berlebihan sehingga terlarut dan terbawa ke sungai kemudian menyebabkan ledakan populasi dari ganggang berbahaya.

Jawabannya adalah b. hasil pembakaran dari aktivitas pabrik yang melepaskan senyawa oksida belerang ke udara.

Hujan asam memiliki dampak yang dapat mengganggu kelangsungan hidup dalam suatu ekosistem. selain dapat mengganggu kehidupan, hujan asam juga dapat menimbulkan kerusakan pada benda-benda bersejarah seperti patung pada candi dan museum. berikut ini adalah salah satu contoh kerusakan yang ditimbulkan akibat terjadinya hujan asam. pernyataan manakah yang menunjukkan penyebab terjadinya hujan asam hasil pembakaran dari aktivitas pabrik yang melepaskan senyawa oksida belerang ke udara.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. bahasa universal menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. hasil pembakaran dari aktivitas pabrik yang melepaskan senyawa oksida belerang ke udara menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban c. penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terkendali sehingga memunculkan efek rumah kaca menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. pemakaian pupuk yang berlebihan sehingga terlarut dan terbawa ke sungai kemudian menyebabkan ledakan populasi dari ganggang berbahaya menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah b. hasil pembakaran dari aktivitas pabrik yang melepaskan senyawa oksida belerang ke udara.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.