Kalimat kedua oleh ir. Soekarno berbunyi " hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan diselenggarakan dengan cara yang secermat-cermatnya dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ". Kedua kalimat itu kemudian digabung dan disempurnakan oleh drs. Moh. Hatta sehingga berbunyi seperti teks proklamasi yang kita miliki sekarang kalimat di atas ada tiga perubahan redaksi atas teks proklamasi yaitu?

Kalimat kedua oleh ir. soekarno berbunyi " hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan diselenggarakan dengan cara yang secermat-cermatnya dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ". kedua kalimat itu kemudian digabung dan disempurnakan oleh drs. moh. hatta sehingga berbunyi seperti teks proklamasi yang kita miliki sekarang kalimat di atas ada tiga perubahan redaksi atas teks proklamasi yaitu:

  1. indonesia merdeka tanggal 17 agustus 1945.
  2. wakil bangsa indonesia diganti dengan atas nama bangsa indonesia.
  3. jawaban a, b, c semuanya benar.
  4. kata tempoh diganti dengan kata tempo.

Jawabannya adalah c. jawaban a, b, c semuanya benar.

Kalimat kedua oleh ir. soekarno berbunyi " hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan diselenggarakan dengan cara yang secermat-cermatnya dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ". kedua kalimat itu kemudian digabung dan disempurnakan oleh drs. moh. hatta sehingga berbunyi seperti teks proklamasi yang kita miliki sekarang kalimat di atas ada tiga perubahan redaksi atas teks proklamasi yaitu jawaban a, b, c semuanya benar.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. indonesia merdeka tanggal 17 agustus 1945 menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. wakil bangsa indonesia diganti dengan atas nama bangsa indonesia menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. jawaban a, b, c semuanya benar menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. kata tempoh diganti dengan kata tempo menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. jawaban a, b, c semuanya benar.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.