Pada masa sultan agung, kerajaan islam mataram sangat gigih melawan penjajah. Hal ini terbukti dengan keberhasilannya menaklukkan kekuatan belanda di surabaya, kemudian menyerang voc di batavia pada tahun 1928-1929. Pelajaran yang dapat diambil dari fakta sejarah tersebut adalah?

Pada masa sultan agung, kerajaan islam mataram sangat gigih melawan penjajah. hal ini terbukti dengan keberhasilannya menaklukkan kekuatan belanda di surabaya, kemudian menyerang voc di batavia pada tahun 1928-1929. pelajaran yang dapat diambil dari fakta sejarah tersebut adalah:

  1. mengolah sumber daya alam.
  2. kerajaan mataram sangat kuat.
  3. kekuatan belanda sangat kuat.
  4. dalam perjuangan ada kalanya mengalami kegagalan.

Jawabannya adalah a. mengolah sumber daya alam.

Pada masa sultan agung, kerajaan islam mataram sangat gigih melawan penjajah. hal ini terbukti dengan keberhasilannya menaklukkan kekuatan belanda di surabaya, kemudian menyerang voc di batavia pada tahun 1928-1929. pelajaran yang dapat diambil dari fakta sejarah tersebut adalah mengolah sumber daya alam.

Pembahasan

Jawaban a. mengolah sumber daya alam menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban b. kerajaan mataram sangat kuat menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban c. kekuatan belanda sangat kuat menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. dalam perjuangan ada kalanya mengalami kegagalan menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah a. mengolah sumber daya alam.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.