Pada saat sahabat abu bakar diangkat menjadi khalifah, terdapat kaum yang tidak mau membayar zakat. Mereka hanya mau mengakui kepemimpinan rasulullah yang berhak mengambil zakat. Sikap kaum tersebut di samping mengingkari kewajiban zakat juga mengingkari kepemimpinan khalifah abu bakar. Dalam kehidupan bernegara saat ini, bentuk pengingkaran kepada negara adalah ... Kecuali?

Pada saat sahabat abu bakar diangkat menjadi khalifah, terdapat kaum yang tidak mau membayar zakat. mereka hanya mau mengakui kepemimpinan rasulullah yang berhak mengambil zakat. sikap kaum tersebut di samping mengingkari kewajiban zakat juga mengingkari kepemimpinan khalifah abu bakar. dalam kehidupan bernegara saat ini, bentuk pengingkaran kepada negara adalah ... kecuali:

  1. cucilah tangan sebelum makan.
  2. tidak mau menjadi petugas pemilu.
  3. tidak mau hormat bendera merah putih.
  4. tidak mau membayar pajak dan tidak mengakui pemerintah.

Jawabannya adalah b. tidak mau menjadi petugas pemilu.

Pada saat sahabat abu bakar diangkat menjadi khalifah, terdapat kaum yang tidak mau membayar zakat. mereka hanya mau mengakui kepemimpinan rasulullah yang berhak mengambil zakat. sikap kaum tersebut di samping mengingkari kewajiban zakat juga mengingkari kepemimpinan khalifah abu bakar. dalam kehidupan bernegara saat ini, bentuk pengingkaran kepada negara adalah ... kecuali tidak mau menjadi petugas pemilu.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. cucilah tangan sebelum makan menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. tidak mau menjadi petugas pemilu menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban c. tidak mau hormat bendera merah putih menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. tidak mau membayar pajak dan tidak mengakui pemerintah menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah b. tidak mau menjadi petugas pemilu.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.