Pada suatu percobaan pemanasan air sekelompok anak memanaskan air pada 2 wadah gelas beaker yang masing-masing di beri label a dan b. Jika gelas a di isi dengan 250 gram air dan gelas b di isi 500 gram air, dipanaskan dalam waktu yang sama dengan nyala api yang sama, maka dapat disimpulkan bahwa?

Pada suatu percobaan pemanasan air sekelompok anak memanaskan air pada 2 wadah gelas beaker yang masing-masing di beri label a dan b. jika gelas a di isi dengan 250 gram air dan gelas b di isi 500 gram air, dipanaskan dalam waktu yang sama dengan nyala api yang sama, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. apec.
  2. pada waktu yang sama gelas a menyerap lebih banyak kalor.
  3. suhu air pada gelas a setelah pemanasan lebih tinggi daripada suhu air di gelas b.
  4. pada waktu yang sama gelas b menyerap lebih banyak kalor.

Jawabannya adalah c. suhu air pada gelas a setelah pemanasan lebih tinggi daripada suhu air di gelas b.

Pada suatu percobaan pemanasan air sekelompok anak memanaskan air pada 2 wadah gelas beaker yang masing-masing di beri label a dan b. jika gelas a di isi dengan 250 gram air dan gelas b di isi 500 gram air, dipanaskan dalam waktu yang sama dengan nyala api yang sama, maka dapat disimpulkan bahwa suhu air pada gelas a setelah pemanasan lebih tinggi daripada suhu air di gelas b.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. apec menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. pada waktu yang sama gelas a menyerap lebih banyak kalor menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. suhu air pada gelas a setelah pemanasan lebih tinggi daripada suhu air di gelas b menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. pada waktu yang sama gelas b menyerap lebih banyak kalor menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. suhu air pada gelas a setelah pemanasan lebih tinggi daripada suhu air di gelas b.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.