Penebangan hutan secara liar menyebabkan terganggunya salah satu tahap daur air. Tahapan yang terganggu akibat kegiatan tersebut adalah?

Penebangan hutan secara liar menyebabkan terganggunya salah satu tahap daur air. tahapan yang terganggu akibat kegiatan tersebut adalah:

  1. kegunaan.
  2. evaporasi karena penguapan semakin cepat.
  3. infiltrasi karena penyerapan air berkurang.
  4. kondensasi karena pengembunan tidak maksimal.

Jawabannya adalah c. infiltrasi karena penyerapan air berkurang.

Penebangan hutan secara liar menyebabkan terganggunya salah satu tahap daur air. tahapan yang terganggu akibat kegiatan tersebut adalah infiltrasi karena penyerapan air berkurang.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. kegunaan menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. evaporasi karena penguapan semakin cepat menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. infiltrasi karena penyerapan air berkurang menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. kondensasi karena pengembunan tidak maksimal menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. infiltrasi karena penyerapan air berkurang.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.