Perhatikan gambar alat penyeduh kopi berikut! Alat penyeduh kopi tersebut banyak digunakan di cafe atau kedai kopi. Saat kopi diseduh dengan air panas, dari filter tersebut akan keluar tetesan kopi panas secara perlahan ke dalam cangkir. Alat tersebut memiliki saringan bawah, cangkir, saringan atas atau tamper, serta penutup. Metode penyeduhan ini banyak dilakukan di kedai-kedai yang menjual kopi dengan alasan bisa menjaga rasa yang terkandung pada kopi. Proses penyeduhan dan ekstraksinya juga cukup cepat. Namun kopi yang dihasilkan tidak terlalu padat. Prinsip kerja alat tersebut sehingga menghasilkan kopi yang berasa enak menggunakan metode?

Perhatikan gambar alat penyeduh kopi berikut! alat penyeduh kopi tersebut banyak digunakan di cafe atau kedai kopi. saat kopi diseduh dengan air panas, dari filter tersebut akan keluar tetesan kopi panas secara perlahan ke dalam cangkir. alat tersebut memiliki saringan bawah, cangkir, saringan atas atau tamper, serta penutup. metode penyeduhan ini banyak dilakukan di kedai-kedai yang menjual kopi dengan alasan bisa menjaga rasa yang terkandung pada kopi. proses penyeduhan dan ekstraksinya juga cukup cepat. namun kopi yang dihasilkan tidak terlalu padat. prinsip kerja alat tersebut sehingga menghasilkan kopi yang berasa enak menggunakan metode:

  1. agama.
  2. destilasi bubuk kopi diseduh dengan air mendidih sehingga menghasilkan uap.
  3. kromatografi jika air kopi diteteskan pada kertas maka bubuk kopi akan diam sedangkan air kopi akan merambat pada kertas.
  4. filtrasi memisahkan butiran kopi yang ukurannya lebih besar dari air kopi.

Jawabannya adalah d. filtrasi memisahkan butiran kopi yang ukurannya lebih besar dari air kopi.

Perhatikan gambar alat penyeduh kopi berikut! alat penyeduh kopi tersebut banyak digunakan di cafe atau kedai kopi. saat kopi diseduh dengan air panas, dari filter tersebut akan keluar tetesan kopi panas secara perlahan ke dalam cangkir. alat tersebut memiliki saringan bawah, cangkir, saringan atas atau tamper, serta penutup. metode penyeduhan ini banyak dilakukan di kedai-kedai yang menjual kopi dengan alasan bisa menjaga rasa yang terkandung pada kopi. proses penyeduhan dan ekstraksinya juga cukup cepat. namun kopi yang dihasilkan tidak terlalu padat. prinsip kerja alat tersebut sehingga menghasilkan kopi yang berasa enak menggunakan metode filtrasi memisahkan butiran kopi yang ukurannya lebih besar dari air kopi.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. agama menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. destilasi bubuk kopi diseduh dengan air mendidih sehingga menghasilkan uap menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. kromatografi jika air kopi diteteskan pada kertas maka bubuk kopi akan diam sedangkan air kopi akan merambat pada kertas menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Jawaban d. filtrasi memisahkan butiran kopi yang ukurannya lebih besar dari air kopi menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah d. filtrasi memisahkan butiran kopi yang ukurannya lebih besar dari air kopi.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.