Perhatikan gambar dan informasi tentang pertumbuhan tanaman berikut pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktivitas di jaringan apikal. Pertumbuhan ini terjadi secara bertahap di tiga daerah yaitu daerah pembelahan (proliferasi), pemanjangan (elongasi), dan daerah diferensiasi 1) daerah pembelahan, berada di bagian ujung akar dan ujung batang 2) daerah pemanjangan, terletak setelah daerah pembelahan. Di daerah ini, sel akan mengalami pemanjangan dan pembesaran. Akibatnya, tumbuhan pun akan menjadi lebih besar dari sebelumnya 3) daerah diferensiasi, daerah yang sel-selnya mengalami perubahan fungsi jaringan yang berperan dalam pertambahan panjang pada gambar di atas adalah?

Perhatikan gambar dan informasi tentang pertumbuhan tanaman berikut pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktivitas di jaringan apikal. pertumbuhan ini terjadi secara bertahap di tiga daerah yaitu daerah pembelahan (proliferasi), pemanjangan (elongasi), dan daerah diferensiasi 1) daerah pembelahan, berada di bagian ujung akar dan ujung batang 2) daerah pemanjangan, terletak setelah daerah pembelahan. di daerah ini, sel akan mengalami pemanjangan dan pembesaran. akibatnya, tumbuhan pun akan menjadi lebih besar dari sebelumnya 3) daerah diferensiasi, daerah yang sel-selnya mengalami perubahan fungsi jaringan yang berperan dalam pertambahan panjang pada gambar di atas adalah:

  1. bioteknologi.
  2. protoderma.
  3. meristem dasar.
  4. meristem apikal.

Jawabannya adalah d. meristem apikal.

Perhatikan gambar dan informasi tentang pertumbuhan tanaman berikut pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktivitas di jaringan apikal. pertumbuhan ini terjadi secara bertahap di tiga daerah yaitu daerah pembelahan (proliferasi), pemanjangan (elongasi), dan daerah diferensiasi 1) daerah pembelahan, berada di bagian ujung akar dan ujung batang 2) daerah pemanjangan, terletak setelah daerah pembelahan. di daerah ini, sel akan mengalami pemanjangan dan pembesaran. akibatnya, tumbuhan pun akan menjadi lebih besar dari sebelumnya 3) daerah diferensiasi, daerah yang sel-selnya mengalami perubahan fungsi jaringan yang berperan dalam pertambahan panjang pada gambar di atas adalah meristem apikal.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. bioteknologi menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. protoderma menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. meristem dasar menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Jawaban d. meristem apikal menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah d. meristem apikal.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.