Sebelum wafat, khalifah umar bin khattab membentuk dewan musyawarah sahabat yang ditugaskan memilih khalifah pengganti beliau. Hasil dari musyawarah sahabat ini kemudian memutuskan pengganti khalifah umar adalah?

Sebelum wafat, khalifah umar bin khattab membentuk dewan musyawarah sahabat yang ditugaskan memilih khalifah pengganti beliau. hasil dari musyawarah sahabat ini kemudian memutuskan pengganti khalifah umar adalah:

  1. lahir baru.
  2. sahabat ali bin abi thalib.
  3. sahabat ustman bin affan.
  4. sahabat abdullah bin umar, putera khalifah.

Jawabannya adalah c. sahabat ustman bin affan.

Sebelum wafat, khalifah umar bin khattab membentuk dewan musyawarah sahabat yang ditugaskan memilih khalifah pengganti beliau. hasil dari musyawarah sahabat ini kemudian memutuskan pengganti khalifah umar adalah sahabat ustman bin affan.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. lahir baru menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. sahabat ali bin abi thalib menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. sahabat ustman bin affan menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. sahabat abdullah bin umar, putera khalifah menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. sahabat ustman bin affan.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.