Selulosa merupakan karbohidrat dengan susunan kimia yang kompleks. Secara alami selulosa berfungsi menyusun dinding sel tumbuhan. Oleh karenanya, kita dapat menemukan kandungan selulosa pada setiap bagian tubuh tumbuhan. Diantara pernyataan berikut, manakah yang tidak terkait dengan keberadaan selulosa pada tubuh tumbuhan?

Selulosa merupakan karbohidrat dengan susunan kimia yang kompleks. secara alami selulosa berfungsi menyusun dinding sel tumbuhan. oleh karenanya, kita dapat menemukan kandungan selulosa pada setiap bagian tubuh tumbuhan. diantara pernyataan berikut, manakah yang tidak terkait dengan keberadaan selulosa pada tubuh tumbuhan:

  1. alat tidak rusak.
  2. hewan herbivora memiliki enzim khusus untuk mencerna selulosa.
  3. dedaunan kering sulit rnembusuk karena sifat kimiawi selulosa.
  4. merebus sayuran dapat menghilangkan kandungan selulosanya.

Jawabannya adalah c. dedaunan kering sulit rnembusuk karena sifat kimiawi selulosa.

Selulosa merupakan karbohidrat dengan susunan kimia yang kompleks. secara alami selulosa berfungsi menyusun dinding sel tumbuhan. oleh karenanya, kita dapat menemukan kandungan selulosa pada setiap bagian tubuh tumbuhan. diantara pernyataan berikut, manakah yang tidak terkait dengan keberadaan selulosa pada tubuh tumbuhan dedaunan kering sulit rnembusuk karena sifat kimiawi selulosa.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. alat tidak rusak menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. hewan herbivora memiliki enzim khusus untuk mencerna selulosa menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. dedaunan kering sulit rnembusuk karena sifat kimiawi selulosa menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. merebus sayuran dapat menghilangkan kandungan selulosanya menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. dedaunan kering sulit rnembusuk karena sifat kimiawi selulosa.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.