Survei pertanian dilakukan untuk mengetahui perubahan kandungan unsur hara di lahan pertanian desa naringgul dalam kurun waktu 10 tahun (tahun 2010-2018). Data hasil survey setiap tahunnya disajikan pada grafik berikut! Berdasarkan perubahan kondisi lahan yang ditunjukkan hasil survey, langkah sederhana dan efektif yang dapat dilakukan petani untuk menjaga keseimbangan lingkungan di lahan pertanian tersebut adalah?

Survei pertanian dilakukan untuk mengetahui perubahan kandungan unsur hara di lahan pertanian desa naringgul dalam kurun waktu 10 tahun (tahun 2010-2018). data hasil survey setiap tahunnya disajikan pada grafik berikut! berdasarkan perubahan kondisi lahan yang ditunjukkan hasil survey, langkah sederhana dan efektif yang dapat dilakukan petani untuk menjaga keseimbangan lingkungan di lahan pertanian tersebut adalah:

  1. macetnya caliper sehingga dibutuhkan penekanan pengereman yang kuat.
  2. diversifikasi tanaman pertanian untuk mencegah penggunaan jenis unsur hara yang sama dalam satu waktu.
  3. menyebarkan sampah organik dipermukaan lahan pertanian untuk mengurangi pembusukan oleh bakteri tanah.
  4. penggunaan pupuk kimia berwujud cairan untuk memudahkan penyerapan unsur hara buatan kedalam tanah.

Jawabannya adalah b. diversifikasi tanaman pertanian untuk mencegah penggunaan jenis unsur hara yang sama dalam satu waktu.

Survei pertanian dilakukan untuk mengetahui perubahan kandungan unsur hara di lahan pertanian desa naringgul dalam kurun waktu 10 tahun (tahun 2010-2018). data hasil survey setiap tahunnya disajikan pada grafik berikut! berdasarkan perubahan kondisi lahan yang ditunjukkan hasil survey, langkah sederhana dan efektif yang dapat dilakukan petani untuk menjaga keseimbangan lingkungan di lahan pertanian tersebut adalah diversifikasi tanaman pertanian untuk mencegah penggunaan jenis unsur hara yang sama dalam satu waktu.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. macetnya caliper sehingga dibutuhkan penekanan pengereman yang kuat menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. diversifikasi tanaman pertanian untuk mencegah penggunaan jenis unsur hara yang sama dalam satu waktu menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban c. menyebarkan sampah organik dipermukaan lahan pertanian untuk mengurangi pembusukan oleh bakteri tanah menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. penggunaan pupuk kimia berwujud cairan untuk memudahkan penyerapan unsur hara buatan kedalam tanah menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah b. diversifikasi tanaman pertanian untuk mencegah penggunaan jenis unsur hara yang sama dalam satu waktu.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.