Teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 air sumber kehidupan air sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia memerlukan air untuk memasak, mandi, minum, mencuci, dan lain sebagainya sebagian masyarakat ada yang menggali sumur untuk mendapatkan air. Untuk mengambil air dari dalam sumur digunakan timba. Bagian-bagian timba meliputi ember, tali dan katrol. Untuk menggunakan timba terlebih dahulu tali disampirkan pada katrol. Posisi katrol dikaitkan pada tiang penyangga yang tepat berdiri di atas sumur. Salah satu ujung tali yang telah dikaitkan pada katrol diikatkan pada gagang ember. Setelah itu, timba dapat digunakan untuk mengambil air dari dalam sumur. Cara mengambil air dengan timba yaitu dengan menjatuhkan ember ke dalam sumur sambil salah satu ujung tali timba tetap dipegang. Tali timba yang dipegang dikendurkan agar ember dalam sumur tenggelam. Setelah ember berisi air, tali timba ditarik pelan-pelan. Saat ember berisi air sampai di bibir sumur, ember segera diambil dan dituangkan ke dalam wadah yang telah disediakan 6. Bagaimana cara masyarakat untuk mendapatkan air?

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 air sumber kehidupan air sangat penting bagi kehidupan manusia. manusia memerlukan air untuk memasak, mandi, minum, mencuci, dan lain sebagainya sebagian masyarakat ada yang menggali sumur untuk mendapatkan air. untuk mengambil air dari dalam sumur digunakan timba. bagian-bagian timba meliputi ember, tali dan katrol. untuk menggunakan timba terlebih dahulu tali disampirkan pada katrol. posisi katrol dikaitkan pada tiang penyangga yang tepat berdiri di atas sumur. salah satu ujung tali yang telah dikaitkan pada katrol diikatkan pada gagang ember. setelah itu, timba dapat digunakan untuk mengambil air dari dalam sumur. cara mengambil air dengan timba yaitu dengan menjatuhkan ember ke dalam sumur sambil salah satu ujung tali timba tetap dipegang. tali timba yang dipegang dikendurkan agar ember dalam sumur tenggelam. setelah ember berisi air, tali timba ditarik pelan-pelan. saat ember berisi air sampai di bibir sumur, ember segera diambil dan dituangkan ke dalam wadah yang telah disediakan 6. bagaimana cara masyarakat untuk mendapatkan air:

  1. perusahaan umum.
  2. mencari ke sungai.
  3. langganan air pdam.
  4. menggali sumur.

Jawabannya adalah d. menggali sumur.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 air sumber kehidupan air sangat penting bagi kehidupan manusia. manusia memerlukan air untuk memasak, mandi, minum, mencuci, dan lain sebagainya sebagian masyarakat ada yang menggali sumur untuk mendapatkan air. untuk mengambil air dari dalam sumur digunakan timba. bagian-bagian timba meliputi ember, tali dan katrol. untuk menggunakan timba terlebih dahulu tali disampirkan pada katrol. posisi katrol dikaitkan pada tiang penyangga yang tepat berdiri di atas sumur. salah satu ujung tali yang telah dikaitkan pada katrol diikatkan pada gagang ember. setelah itu, timba dapat digunakan untuk mengambil air dari dalam sumur. cara mengambil air dengan timba yaitu dengan menjatuhkan ember ke dalam sumur sambil salah satu ujung tali timba tetap dipegang. tali timba yang dipegang dikendurkan agar ember dalam sumur tenggelam. setelah ember berisi air, tali timba ditarik pelan-pelan. saat ember berisi air sampai di bibir sumur, ember segera diambil dan dituangkan ke dalam wadah yang telah disediakan 6. bagaimana cara masyarakat untuk mendapatkan air menggali sumur.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. perusahaan umum menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. mencari ke sungai menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. langganan air pdam menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Jawaban d. menggali sumur menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah d. menggali sumur.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.