Tini dan tina melakukan pengamatan bentuk luar (morfologi) sejumlah tanaman di halaman rumahnya. Mereka menemukan ada tiga jenis tanaman dengan ciri bentuk daun yang hampir serupa namun masih memiliki sejumlah perbedaan. Perbedaan bentuk daun ini pada akhirnya akan mempengaruhi perbedaan fungsinya. Berdasarkan informasi ciri tanaman yang disajikan pada gambar dibawah ini, perbedaan fungsi daun yang tepat diantara ketiga tanaman tersebut adalah?

Tini dan tina melakukan pengamatan bentuk luar (morfologi) sejumlah tanaman di halaman rumahnya. mereka menemukan ada tiga jenis tanaman dengan ciri bentuk daun yang hampir serupa namun masih memiliki sejumlah perbedaan. perbedaan bentuk daun ini pada akhirnya akan mempengaruhi perbedaan fungsinya. berdasarkan informasi ciri tanaman yang disajikan pada gambar dibawah ini, perbedaan fungsi daun yang tepat diantara ketiga tanaman tersebut adalah:

  1. b = selatan, c = selatan, d = utara.
  2. tanaman 1 memiliki laju fotosintesis paling rendah diantara ketiganya.
  3. tanaman 2 lebih cepat laju fotosintesisnya dibanding tanaman 3. .
  4. tanaman 1 memiliki laju penguapan air yang paling cepat diantara ketiganya.

Jawabannya adalah b. tanaman 1 memiliki laju fotosintesis paling rendah diantara ketiganya.

Tini dan tina melakukan pengamatan bentuk luar (morfologi) sejumlah tanaman di halaman rumahnya. mereka menemukan ada tiga jenis tanaman dengan ciri bentuk daun yang hampir serupa namun masih memiliki sejumlah perbedaan. perbedaan bentuk daun ini pada akhirnya akan mempengaruhi perbedaan fungsinya. berdasarkan informasi ciri tanaman yang disajikan pada gambar dibawah ini, perbedaan fungsi daun yang tepat diantara ketiga tanaman tersebut adalah tanaman 1 memiliki laju fotosintesis paling rendah diantara ketiganya.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. b = selatan, c = selatan, d = utara menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. tanaman 1 memiliki laju fotosintesis paling rendah diantara ketiganya menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban c. tanaman 2 lebih cepat laju fotosintesisnya dibanding tanaman 3. menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di buku ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. tanaman 1 memiliki laju penguapan air yang paling cepat diantara ketiganya menurut saya ini malah 100% salah, karena tidak masuk dalam pembahasan yang ada pada buku pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah b. tanaman 1 memiliki laju fotosintesis paling rendah diantara ketiganya.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.